.........
Just for Information call 087877080883

Lihat Komunitas Sepeda Tua Indonesia di peta yang lebih besar

TIPS AND TRIK

Tips beli sepeda kuno (onthel)

Sekedar masukan saja dan silahkan jika ada yang mau melengkapi. Tips sebelum membeli sepeda kuno : 

1. Merek penting tapi jangan terkecoh karena sekarang banyak sepeda kuno yang di jual dengan merek tempelan yang tidak sesuai dengan aslinya (informasi dari pedagang sepeda di Jogja). Jadi untuk para pemula jangan gila merek dulu.

2. Lebih baik jangan beli sepeda re-paint/cat ulang karena cacat pada frame sudah terlihat karena tertutup meni atau dempul. 

3. Periksa kondisi frame dari arah roda belakang. Apakah framenya masih center atau sudah bengkok (kelihatan miring ke arah kiri/kanan). Kalau bengkok bagian palang tengah (khusus sepeda kebo/laki) biasanya sering untuk beban berat.

4. Urut seperti anda memijat seluruh bagian frame dan sambungannya, apakah ada yang terasa kasar. Kalau ada yang terasa kasar pada sambungan berarti bekas las karena sepeda itu pernah patah.

5. Apabila anda ingin beli sepeda onthel bermerek, lebih baik tanyakan dulu kepada kenalan anda yang paham dengan merek sepeda yang mau dibeli.

6. Harga selangit bukan jaminan bagian asesoris sepeda merupakan barang orisinil sebab di Jogja (daerah Kota Gede) banyak yang jago bikin tiruannya. Bahkan secara kasat mata tidak dapat membedakan secara sepintas (masukan dari pedagang sepeda di Jogja).

7. Selamat hunting.

 PERAWATAN :
Sepeda onthel atau sepeda kuno, namanya juga sudah uzhur atau tua perawatannyapun harus super extra, karena tanpa perawatan yang rutin, tentunya akan berefek yang tidak baik ke kita sebagai empunya sepeda, banyak cara yang dilakukan untuk nambah performa sepeda tua yang diantaranya : 
1. Memoles body/frame dengan minyak kelapa (cara tradisional) atau dengan produk sekarang seperti "KITS" 
2. Rantai sepeda, juga harus tidak renggang atau kencang, olesi dengan oli, atau juga dengan produk-produk yang khusus untuk melumasi rantai
3. Selalu periksa secara keseluruhan kondisi Rem baik depan ataupun belakang karena ini penting sekali buat keselamatan kita dijalan, apa lagi sering mengikuti acara2x seperti konvoi, atau touring 
4. Jangan lupa olesi dengan oli secara berkala, seperti di Hub depan/blkng,pedal, as tengah, atau pada sudut-sudut yang rawan karat 
5. Tekanan udara pada ban juga berpengaruh pada sepeda Semoga tips dan trik ini bermanfaat untuk semua rekan-rekan sekalian

0 comments:

Tricks and Tips